10 Kunci Hidup Sukses dan Bahagia

2 min


Didalam Surat An Nur menjelaskan 10 pokok cahaya kehidupan yang akan membimbing setiap hamba untuk mendapati kemudahan, kenyamanan, dan kesuksesan hidup. Ada yang sukses tapi meraihnya sulit, prosesnya panjang maka disertakan kalimat mudah untuk bisa mendapatkan hal yang ingin diraih tadi dengan begitu cepat. Ada juga yang hidupnya sukses tapi tidak nyaman atau bahagia ada juga sebaliknya bahagia tapi tidak sukses. Karena setiap kenikmatan itu pasti akan ada unsur kebahagiaan berikut 10 pokok kunci Kesuksesan dan Kebahagiaan. Tuntunannya antara lain:

Larangan Zina

Kalau ingin sukses maka jauhi perbuatan Zina, banyak sekali orang yang karirnya hancur karena selingkuh kemudian dirinya berzina.

Larangan menuduh tanpa bukti/fitnah

Kalau kita perhatikan banyak juga orang yang karir dan martabatnya hancur karena fitnah, ini sekarang semakin marak, dari zina lalu menebar fitnah

Larangan menebar hoax/kabar tidak benar

Sekarang ini banyak sekali terjadi penyebaran kabar-kabar yang tidak jelas sumber dan entah kapan terjadinya sehingga menimbulkan perpecahan antar ummat, sampai-sampai dapat mengakibatkan terjadi kerusuhan.

Menampilkan hikmah dibalik musibah

Banyak dari kita ketika tertimpa musibah, contoh seseorang terkena PHK orang tersebut menjadi muram, lemas seolah-olah tidak ada harapan lagi, alangkah baiknya jika itu terjadi maka kita kembalikan kepada Allah SWT, zat yang maha pengasih dan penyayang serta maha perencana, yang bisa jadi ada hal yang lebih baik yang akan kita dapat dari musibah tersebut.

Larangan mudah menerima informasi tanpa dicek kebenarannya

Orang yang mudah menerima informasi tanpa di cek terlebih dahulu kebenarannya, banyak sekali sekarang ini baru saja seseorang buat status langsung di beri komentar macam-macam, padahal kita belum tahu kebenaran akan berita tersebut.

Larangan mencari-cari atau mengeksploitasi kesalahan orang lain

Seperti kita ketahui bahwa manusia adalah tempatnya salah dan dosa, tidak ada satu orang pun yang tidak pernah melakukan kesalahan, maka janganlah kita mencari-cari kesalahan sampai di ekspose ke masyarakat umum, jika seseorang itu salah alangkah baiknya di ingatkan dengan baik-baik.

Menunjukkan besarnya dosa lisan yang sering dianggap ringan/kecil

Sekarang ini orang berdusta sepertinya ringan, padahal dampaknya akan besar bagi orang lain. Apalagi bila itu dilakukan terhadap anak kita, maka jika dilakukan terus menerus akan tertanam di pikirannya bahwa melakukan kebohongan itu hal yang biasa dan wajar, kelak mereka akan menjadi orang tua kalimat kebohongan tersebut akan dipakai lagi oleh mereka terhadap anak-anaknya.

Larangan Menikmati Gosip Yang tersebar menimpa orang beriman

Berapa banyak ulama, ustadz, kyai yang di cela dan direndahkan, baik itu melalui gambar karikatur, kalimat sindiran, dan macam-macam gosip terhadap orang beriman, yang lebih anehnya lagi ada yang menikmati dan dia bangga sebagai seorang muslim menikmati hal tersebut. Dampaknya adalah dapat memadamkan cahaya, maka itu kegelapan banyak muncul, datang kesuatu tempat ribut padahal mau mengisi kajian, inilah akibat dari celaan dan fitnah yang di tunjukkan kepada ulama.

Memberikan Sedekah Bagi Kerabat (Khususnya Kerabat Dekat)

Kita tidak akan tahu, manfaat dari sedekah yang pernah kita berikan kepada kerabat terdekat kita, boleh jadi keponakan atau saudara yang  pernah kita bantu, kemudian dia sukses kehidupannya, dan suatu hari nanti dengan izin Allah di juga akan berbuat sebaliknya terhadap anak kita atau keluarga kita.

Menghadirkan Kunci Harmoni Dalam Rumah Tangga

Bagaimana kita mendapati kehidupan yang harmonis, juga disampaikan sebagai salah satu kunci mencapai hidup sukses dan bahagia. Di dalam rumah tangga yang harmonis antara anggota keluarga bisa saling mendukung dan mendoakan untuk kelangsungan hidup di dalamnya. Suami istri saling mengisi kekurangan masing-masing, saling mengingatkan sehingga tercipta keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah.


Like it? Share with your friends!

0

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *