10 Pilihan Bisnis Waralaba Dengan Modal Mulai 3 Juta-an

6 min


Bisnis Waralaba atau biasa dikenal franchise adalah jenis usaha yang sangat populer di Indonesia. Bagaimana tidak bisnis ini adalah salah satu yang menjanjikan, karena pemilik usaha tidak perlu repot-repot membangun bisnisnya dari awal.

Jenis usaha ini sangat memudahkan pemiliknya dalam menjalankannya, karena sang pemilik tidak harus pusing menentukan strategi bisnis, sebab semua sistem dan manajemen sudah diatur sesuai dengan standar pemberi waralaba.

Untuk memulai bisnis waralaba ini sebelumnya kita harus membeli lisensi dagang dari pemilik merk dagang terlebih dahulu. Setelah lisensinya kita miliki, baru kita bisa membuka usaha dengan merk dagang tersebut, biasanya setelah kita membeli lisensinya ada beberapa keuntungan-keuntungan yang diberikan yakni berupa booth, perlengkapan dan perlatatan penunjang termasuk bahan bakunya. Jadi kita hanya tinggal menjualnya ke pelanggan.

Sebelum memulai bisnis waralaba ada beberapa tips yang harus diperhatikan. Supaya tidak salah pilih yang justru dapat merugikan kita nantinya. Yuk kita simak…

Pilih Bisnis Waralaba Sesuai Hobi

Ini adalah hal yang paling penting. Dengan menjalankan usaha sesuai dengan hobi, maka pada saat bekerja kita tidak akan merasa terbebani dengan pekerjaan tersebut.

Pelajari dan Cari Tahu Bisnis Waralaba yang Diminati

Hati-hati itu penting, dalam memilih bisnis waralaba kita harus memastikan layak atau tidak sistem usaha yang akan dijalankan. Cari tahu track record-nya dengan cara mempelajari laporan keuangannya dan bisa juga dengan mencari informasi dari orang-orang yang sudah menjalani usahanya.

Pastikan terlebih dahulu apakah bisnis waralaba yang akan kita jalankan menguntungkan atau tidak. Ini bisa dilihat dari perolehan keuntungan selama satu atau dua tahun terakhir.

Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis adalah salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha, baik itu usaha waralaba ataupun usaha yang lainnya.

Keuntungannya lagi, dari bisnis waralaba ini adalah mereka menyiapkan ahli dalam menentukan lokasi yang strategis, kita hanya perlu mencari beberapa alternatif, kemudian dari pihak penyedia waralaba mempelajari lokasi tersebut apakah layak dan strategis untuk membuka usaha di lokasi tersebut.

Berani Menanggung Resiko

Tidak ada usaha yang tidak beresiko, apapun usaha yang kita jalani pasti ada resikonya. Karena itu, kita harus berani menanggung resiko.


Nah, setelah tadi mengetahui beberapa tips, sekarang saatnya, simak yuk beberapa rekomendasi bisnis waralaba yang menguntungkan!

JASUKE (Jagung Susu Keju)

Sumber: picuki.com

Camilan ini adalah salah satu makanan favorit anak-anak, rasa yang manis dan gurih, serta cukup sebagai makanan penunda lapar.

Harga jual camilan ini pun terbilang murah hanya Rp. 3.000 untuk cup kecil dan Rp. 5.000 untuk cup besar. Harganya sangat terjangkau bagi anak-anak.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah sebesar Rp. 2,85 juta. Benefit yang didapatkan antara lain:

  • Booth Display Alumunium bisa dibongkar pasang ukuran 100 x 60 x 90 cm
  • Banner Display Menu 1Set
  • Kompor Gas + Selang + Regulator 1Set
  • Bahan baku dan peralatan bantu lainnya.

JNE

Usaha di bidang jasa pengiriman sekarang ini sedang booming, hal ini disebabkan banyaknya platform-platform marketplace. JNE adalah salah satu penyedia jasa pengiriman yang diuntungkan.

Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1990 ini memberikan kesempatan untuk menjadi mitra JNE. Untuk menjadi mitranya diperlukan modal awal sebesar Rp. 5,5 juta. Modal tersebut digunakan untuk mengurus perjanjian, dan perlengkapan sales seperti Neon Box, spanduk, sticker dan perlengkapan lainnya sebagai penunjang.

Selain modal awal, kita juga harus menyediakan biaya tambahan sebesar Rp. 10 juta, yang di gunakan sebagai jaminan dan akan dikembalikan setelah masa kontrak selesai.

Minuman Teh Poci

sumber: franchise-teh-poci-waralaba.business.site

Teh adalah salah satu minuman favorit terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis, rasanya sangat menyegarkan jika diminum setelah beraktifitas di terik matahari, apalagi kalau pakai es.

Waralaba Teh Poci terbilang cukup laris, hal ini dapat dilihat dari banyaknya dan seringnya kita lihat booth-booth teh poci yang selalu ada di pusat perbelanjaan baik itu pasar tradisional maupun di Mall. Padahal minuman ini hanya disajikan dengan bahan dasar teh, ditambah gula dan es batu.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis waralaba ini tidak terlalu mahal, hanya membutuhkan modal sebesar Rp. 6,7 juta, kita sudah bisa memilki bisnis waralaba ini, dengan benefit yang didapatkan antara lain, Booth Jualan, Mesin Sealer, Cooller box, Container Teh, Thermos, bahan baku dan peralatan lainnya.

Bimba Rainbow Kids

Nah, bagi yang punya passion di dunia pendidikan dan anak, sepertinya bisnis waralaba ini sangat cocok. Bisnis pendidikan adalah bisnis yang sangat prospek, karena populasi terus bertambah dan pastinya anak-anak butuh pendidikan, orang tuapun biasanya berani berinvestasi besar demi pendidikan anak-anaknya.

bimbasolusikids.com

Modal yang dikeluarkan untuk memiliki bisnis pendidikan ini, terbilang kecil dibandingkan dengan bimbel-bimbel lainnya. Kita hanya perlu Rp. 8 juta untuk bisa menjalankan bisnis ini.

Adapun fasilitas-fasilitas yang diberikan setelah gabung menjadi mitranya adalah:

  • Lisensi seumur hidup, tanpa ada fracchise fee dan tanpa royalty fee bulanan.
  • Video materi pembelajaran
  • Buku Panduan dan Brosur serta sofcopynya
  • Modul-modul pembelajaran dan akademik beserta softcopy
  • T-shirt anak, Training dan Free Konsultasi

Tahu Sumedang THA-YO

Tahu Sumedang merupakan jenis makanan yang tidak asing lagi di Indonesia. Rasanya yang enak dan khas menjadikan tahu ini sebagai makanan yang digemari oleh semua lapisan masyarakat baik di Sumedang maupun di luar Sumedang.

sumber: instagram.com/tahusumedangthayo/

Untuk mendapatkan Tahu Sumedang sekarang ini tidak perlu repot-repot pergi ke Sumedang. Di Jakarta saat ini sudah tersedia beberapa outlet penjualan tahu Sumedang, salah satu Tahu Sumedang Tha-yo.

Berpusat di Jl. Cempaka IV, bisnis Waralaba Tahu Sumedang Tha-yo ini masih terbilang baru, namun pendatang baru ini tidak bisa dipandang sebelah mata, terbukti pada penjualan dua bulan pertamanya, tahu yang berhasil terjual sebanyak lima ancak perhari atau kurang lebih sebanyak 600 pcs.

Kenapa memilih Tahu Tha-Yo, pertama karena harga jualnya tergolong murah dan yang kedua rasanya pun enak dan khas Sumedang.

Modal yang di perlukan untuk membuka bisnis Waralaba Tahu ini, sebesar Rp. 10 juta. Benefit yang didapat antara lain:

  • Booth Jualan berbahan Alumunium
  • Peralatan Masak seperti, Wajan, tungku gas, dll.
  • Kemasan Bungsang yang terbuat dari bambu
  • Bahan baku tahu sebanyak 4 ancak
  • Tenaga/Tukang Masak yang sudah di training (optional)
  • Dibantu Pemilihan tempat dan survey lokasi yang strategis

Galaxy Pertamini

Usaha bensin eceran sangat banyak diminati, karena kebutuhan akan bahan bakar terutama kendaraan roda dua. Bagi yang malas antri, dapat dengan mudah membeli di Pertamini.

sumber: galaxypertamini.com/

Peluang ini dimanfaatkan oleh Galaxy Pertamini dengan memberikan kesempatan untuk memiliki bisnis waralaba. Modal yang dibutuhkan untuk memiliki pom bensin ini beragam dimulai dari Rp. 9,7 juta sampai Rp. 20 juta sesuai dengan kapasitas dan tipe boothnya.

Paket yang paling murah dengan investasi sebesar Rp. 9,7 juta, anda sudah mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  • Booth ukuran 68 x 68 x 215 cm
  • Kapasitas bahan bakar 200 liter
  • Selang 3,5 meter
  • 1 buah alat ukur

Tahu Jeletot Taisi

Penikmat makanan pedas, pasti sudah tidak asing lagi dengan Tahu Jeletot Taisi. Tahu adalah makanan yang paling digemari selain bisa buta camilan, tahu juga bisa sebagai pendamping nasi yang pas.

sumber: tahujeletot.com

Untuk memulai usaha ini dibutuhkan modal sebesar Rp. 20 juta. Dengan benefit yang didapat seperti, Booth Alumunium lengkap dengan perlengkapan, peralatan dan juga disediakan bahan baku sebagai permulaan.

Dengan kemitraan Tahu Jeletot Taisi, anda bisa BEP dalam waktu 6 bulan, waktu yang tidak terlalu lama untuk sebuah usaha waralaba.

Ayam Goreng Sabana

Bisnis Waralaba ayam goreng Sabana cukup dikenal di masyarakat, karena harganya terbilang bersahabat dan rasanya pun cukup nikmat.

sumber: sabana.co.id

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini adalah sebesar Rp. 22,5 juta. Benefit yang di dapatkan adalah, Gerobak Stainless Steel, Deep Fryer, Peralatan Masak, Bahan baku dan biaya survey dan training.

Keuntungannya per yang di perkirakan dalam satu ekor ayam sebesar 22, 08%. Jika bisnis ini sukses dan lancar, potensi omzet yang didapatkan selama satu bulan bisa mencapai hingga Rp. 20 jutaan.

Bisnis Waralabana Sabana ini sudah terbukti kesuksesannya dengan berhasil dibuka hampir 2.000 oulet di seluruh Indonesia.

Arofah Kebab

Kebab adalah makanan khas dari Timur Tengah, namun sudah disesuaikan dengan cita rasa Indonesia. Bahan bakunya terbuat dari daging sapi, sayur-sayuran, di tambah mayonais dan saos membuat penikmatnya menjadi ketagihan.

sumber: arofahkebab.com

Mengapa memilih usaha kebab? Bahan baku tahan lama, jika tidak habis bisa di simpan lagi di freezer. Cara penyajiannya sederhana, dan kebab sangat digemari anak-anak muda dan dewasa.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis kebab ini sebesar Rp. 35 juta, pembayaran bisa dicicil Rp. 20 juta pada saat opening dan sisanya setelah tiga minggu usaha berjalan.

Saat ini sedang ada diskon loh! investasi yang diperlukan hanya Rp. 25 juta.

Benefit yang didapat antara lain:

  • Dibantu mencari lokasi/tempat jualan yang strategis
  • Dibantu mencari pegawai yang sudah ditraining
  • Jika lokasi/tempat tidak mencapai target, akan diberikan garansi pindah tempat tanpa dikenakan biaya
  • Tidak ada franchise fee, Royalti Fee dan Supporting Fee

Mr Klin Loundry

Tertarik dengan usaha Laundry, tapi bingung mau mulai dari mana? Mr Klin Laundry memberikan solusi dengan membuka beberapa paket program kemitraan diantaranya:

  • Paket Bronze, modal usaha sebesar Rp. 36,87 juta
  • Paket Silver, modal usaha sebesar Rp. 52, 87 juta
  • Paket Gold, modal usaha sebesar Rp. 67, 87 juta
sumber: mrklinlaundry.com

Bisnis Laundry saat ini sedang booming seiring dengan semakin sibuknya masyarakat dengan aktifitas pekerjaan yang rutin dikerjakan dari pagi hingga malam, sehingga waktu luang untuk mencuci dan menyetrika pakaianpun nyaris tidak ada. Usaha ini mempunya prospek yang  bagus.

Untuk pemula bisa menggunakan paket bronze dengan benefit yang didapat antara lain:

  • 1 unit Mesin Cuci front loading
  • 1 unit mesin pengering
  • 1 unit mesin khusus dry cleaning
  • Detergent dan bahan kimia pendukung lainnya
  • Alat promosi dan kemasan plastik.
  • Dan lain sebagainya

Nah, itu tadi 10 bisnis waralaba yang sedang booming dan menguntungkan, bagaimana apakah kalian berminat untuk membuka usaha waralaba?


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *