8 Tahapan Proses Pembuatan Furniture Plywood

2 min


Seiring dengan berkembangnya teknologi di bidang Furnitur, maka furnitur sekarang ini banyak yang di kerjakan massal dengan mesin, dengan begitu output yang dihasilkan pun bisa di optimalkan sampai ribuan bahkan puluhan ribu perbulan. Teman-teman pasti belum dan ingin tahu apa aja sih tahapan proses pembuatan produksi furnitur dari bahan sampai barang jadi, khususnya untuk pembuatan yang di lakukan oleh pabrikan, manufaktur furnitur.

Yuk kita simak tahapan-tahapannya!

Material Planning/Perencanaan kebutuhan bahan

Sebelum furnitur di kerjakan oleh produksi, dari  PPIC (Production Planing and Inventory Control) harus menghitung total kebutuhan material dan aksesoris dalam pembuatan produksi, secara detail baik dari gambar yang sertai ukuran sampai material dan aksesoris apa saja yang di perlukan, agar dapat meminimalisasi kesalalahan pada saat produksi.

Sanding/Pengampelasan permukaan plywood

Proses pertama yang harus di lakukan adalah dengan mengampelas permukaan plywood ini harus dilakukan mengingat permukaan plywood relatif lebih kasar di banding MDF atau particle board.

Foto mesin yang dipakai

Laminating/Penempelan

Setelah permukaan plywood rata dan halus, kemudian dilakukan proses penempelan material finishing seperti HPL, PVC Sheet, Veneer, Paper Sheet , dll. Kemudian setelah dilakukan penempelan material finishing maka material tersebut di Press dengan Mesin Press. Mesin Press ini terbagi menjadi 2 macam ada Hot press dan Cold Press

Foto Mesin yang dipakai

Cutting

Setelah selesai proses laminasi selesai kemudian di lakukan pemotongan sesuai pola potong yang sudah di tentukan, maka itu peran PPIC sangat penting ketika menentukan pola potong agar tidak terjadi kesalahan dalam pemotongan atau sisa potong yang terlalu banyak.  

Boring

Selanjutnya proses Boring, proses ini adalah untuk membuat lubang yang berfungsi sebagai penempatan konektor antara panel satu dengan lainnya, material aksesoris yang di pakai adalah minifiks dan dowel. Berbeda jika pekerjaan ini tidak dikerjakan pabrikan, proses boring ini tidak ada karena untuk pekerjaan tukang kayu koneksi antar panel biasanya hanya menggunakan skrup atau trafes.

Edging

Proses edging dilakukan untuk menutup bagian tepi panel, bahan yang di pakai adalah PVC ukurannya mengikuti ukuran ketebalan panel plywoodnya dari 22 mm sampai dengan 54 mm, untuk ketebalan 1mm dan 2mm.

Exif_JPEG_420

Assembling

Setelah semua proses dilakukan dan material sudah sesuai, maka dilakukan proses perakitan, atau proses ini bisa di lewatkan dengan catatan pada saat produk terkirim harus di sertakan Assembly Instruction, untuk memudahkan pengguna dalam perakitannya.

Packing

Setelah semua material dan aksesoris telah lengkap selanjutnya di lakukan packing dan produk pun telah siap untuk di kirim

Demikian 8 tahapan produksi, mudah-mudahan bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *