8 Pilihan Aplikasi Video Conference di Masa WFH (Work From Home)

4 min


Indonesia saat sedang berada di masa Daruat Covid19, menurut data update situasi terkini yang terkonfirmasi terkena dampak virus Covid19 sebanyak 1.155 jiwa.

Hal ini menyebabkan ditetapkannya kebijakan Pemerintah untuk tidak meninggalkan rumah “Di Rumah Saja”, apabila tidak ada kepentingan yang darurat masyarakat disarankan untuk tinggal di rumah.

Salah satu himbauan pemerintah lainnya untuk para pekerja adalah untuk kerja di rumah atau “Work From Home (WHF)”. Cara ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penularan virus COVID19.

Namun kenyataannya banyak pekerjaan yang menuntut para pekerja untuk bertatap muka baik itu dengan rekan kerja maupun klien, untuk mengatasi hal ini maka dipakailah sistem tvideo conference.

Berikut ini adalah 8 aplikasi berbasis Android dan iOS yang bisa digunakan untuk melakukan Video Conference.

WhatsApp

Pada awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk menerima dan mengirim pesansingkat dan foto. Seiring perubahan zaman, akhirnya WhatsApp dilengkapi dengan fitur Video Call.

Link Download

Fitur baru ini bisa digunakan melalui smartphone yang berbasih Android dan iOS. Namun fitur ini hanya bisa digunakan maksimal empat orang dalam satu panggilan.

Zoom

Zoom adalah aplikasi alternatif berikutnya yang bisa digunakan sebagai sarana meeting yang dapat digunakan hingga 100 orang dalam satu panggilan.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang menarik antara lain, screen sharing, berbagi foto dan video yang dapa terhubung langsung dengan Google Drive, Drop Box atau Box Files.

Link Download

Zoom juga bisa digunakan untuk berbagi teks dan foto melalui beragam perangkat, serta memungkinkan penggunanya mengundang banyak partisipan melalui nomor telepon maupun email.

Namun sayangnya untuk versi gratisnya aplikasi ini hanya bisa digunakan selama 40 menit pertama.

Skype

Skype adalah aplikasi video conference yang di luncurkan oleh Microsoft dan aplikasi ini sudah diluncurkan cukup lama.

Link Download

Kelebihan Aplikasi ini, dapat digunakan sebagai video conference sampai 25 orang dalam satu panggilan, dan yang membuatnya berbeda dari yang lain, Skype bisa diakses melalui berbagai macam perangkat, antara lain PC, Laptop, Smartphone dan SmartTV.

Skype dapat digunakan sebagai media percapakan melaui teks sama halnya dengan WhatsApp, nilai plus nya lagi aplikasi ini mendukung panggilan suara melalui ponsel atau telepon rumah.

Hangouts Meet

Aplikasi ini dapat digunakan sebagai panggilan video yang menampung hingga 250 pengguna dalam satu panggilan.

Sebenarnya aplikasi ini berbayar, namun sampai dengan 1 Juni 2020 mendapat penggunanya masih dapat mengakses dengan gratis.

Link Download

Aplikasi ini dapat diakses dengan mudah hanya cukup membagikan link kepada siapa saja yang ingin bergabung  dengan satu klik saja dan bisa dilakukan melalui Smartphone, PC atau Laptop.

Aplikasi ini juga mendukung penggunaan teknologi text to speech, serta jadwal meeting yang sudah terintegrasi dengan Google Calendar.

Google Duo

Google Duo merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Google, aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi Android dan iOS.

Link Download

Google Duo memungkinkan untuk melakukan panggilan meski sedang dalam pencahayaan buruk, serta dapat melakukan panggilan seseorang yang berada di daftar kontaknya.

Sayang Google Dua hanya bisa digunakan oleh delapan orang saja dalam satu panggilan.

Imo

Satu lagi aplikasi yang tak kalah menarik adalah Imo. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan daftar kontak yang tersimpan pada perangkat smartphone, termasuk kontak social media seperti Facebook dan Skype.

Link Download

Yang menarikya lagi aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik walau hanya pada jaringan 3G, dan aplikasi ini juga termasuk aplikasi yang gratis loh!

Slack

Slack adalah aplikasi percakapan grup yang dapat diatur berdasarkan topik, proyek dan hal apapun yang penting dalam menunjang pekerjaan.

Link Download

Aplikasi ini bisa digunakan juga untuk saling berbagi dokumen dan video conference dengan maksimal pengguna 15 orang. Hal ini didukung karena Slack sudah terintegrasi dengan beberapa tools dan media social seperti Google Drive, DropBox dan Twitter.

Fitur yang sangat menarik dari aplikasi yang satu ini adalah fitur pencarian, sehingga kita dapat menulusuri topik percakapan yang sebelumnya pernah kita lakukan.

Line

Line merupakan aplikasi yang sudah cukup lama, Line memungkinkan kita untuk melakukan pesan teks dan gambar, tidak hanya itu saja tetapi juga panggilan suara dan video gratis di mana pun kita berada.

Line memungkikan kita untuk panggilan video grup kapan saja dan dimana saja hingga 200 partisipan dalam satu panggilan. Namun untuk bisa melakukan hal ini, kita harus membuat grup terlebih dahulu.

Link Download

Dengan begitu anggota grup akan secara otomatis menerima panggilan, namun mereka juga berhak menentukan untuk ikut atau tidak.

Beberapa fitur menarik yang ada di Line antara lain, kita bisa menyimpan pesan, foto maupun video yang kita inginkan dan suatu saat bisa dibagian kepada teman yang berada pada kontak ponsel.

Fitur baru yang menarik lagi adalah Face Play yang memungkinkan kita untuk berlomba-lomba meregangkan otot-otot wajah dengan bertarung bersama teman-teman di grup.


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

3 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *