Amalan Setelah Sholat, yang Pahalanya Luar Biasa

2 min


Sholat adalah Rukun Islam yang ke dua setelah Syahadatain dan merupakan perintah yang paling utama dan wajib dikerjakan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun banyak dari kita yang belum mengetahui, sehingga banyak orang setelah selesai sholat langsung buru-buru meninggalkan tempat sholatnya. Padahal kata Al-Qur’an, Jangan terburu-buru untuk melakukan aktifitas yang lain, sebelum kita menyempurnakan dengan satu amalan, yang amalan itu begitu dasyat dalam pandangan Allah SWT, amalan itu disebut Dzikir. Seperti yang disampaikan dalam Al-Qur’an,

“Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Surah An-Nisa ayat 103

Amalan ini sangat di tekankan oleh Allah, bahkan saking di pentingnya amalan dzikir ini, seakan-akan Al-Qur’an menghadirkan semua situasi untuk menggunakan amalan ini, artinya sangat di sayangkan jika meninggalkan amalan ini. Kalau memang sedang buru-buru, harus langsung bangkit setelah sholat maka tolong jangan tinggalkan amalan ini, kita bisa melakukannya sambil melakukan aktifitas kita sehari-hari, apalagi jika kita memiliki waktu senggang alangkah baik kita duduk lalu terus melafalkan dzikir kepada Allah.

Dzikir adalah suatu aktifitas yang mampu mengingatkan dan mendekatkan diri kita dengan Allah SWT. Amalan dzikir ada setidaknya 7 amalan yang dianjurkan untuk di lakukan setiap setelah Sholat, amalan tersebut antara lain.

Istighfar

Istighfar adalah salah satu kalimat Toyib dan sangat di anjurkan, seraya kita memohon ampun atas dosa-dosa yang  sudah kita lakukan dan yang akan datang. Sangatlah banyak sekali keutamaan Istighfar, salah satu yang telah di dawamkan oleh Penjual Roti pada zaman Imam bin Hanbal. Dan kalau istighfar kita benar Insyaa Allah semua permohonan akan mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

Bacaan Al-Qur’an

Membaca Al-quran adalah salah satu bentuk dzikir seperti yang di jelaskan pada Alquran Surah Al-Hijr ayat 9.

“Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan Al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.”

Surah Al-Hijr, Ayat 9

Hafalan Al-Qur’an

Nilai pahala hafalan Al-Quran adalah empat kali lebih banyak di banding membaca Al-Qur’an. Seperti di jelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Qomar , Ayat 17, 22, 32 dan 40.

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an sebagai peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”

Surah Al-Qomar, Ayat 17, 22, 32 dan 40

Do’a

Do’a adalah sarana untuk mengingat dan mendekatkan diri pada Allah, jika kita tidak melakukan hal ini maka sangat di sayangkan kita akan kehilangan momentum di percepat dimudahkan dalam urusan kehidupan kita. Seperti di jelaskan dalam Al-Qur’an, Surah Al-A’raf, ayat 205

“Dan ingatlah Tuhan-mu didalam hatimu dengan rasa rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.”

Surah Al-A’raf Ayat 205

Sholat

Dengan melakukan sholat yang ini, boleh jadi akan diberikan syafa’at dengan izin Allah, kepada hamba-hamba yang di rasakan kurang amalnya. Karena ketika amalan-amalan fardhu tidak dapat menolong kita,  maka yang akan di cari pertama kali adalah amalan Sholat ini, jika anda tertinggal dari yang ini, maka itu yang bisa membuat situasi tegang di alam akhirat. Al-Qur’an Surah Taha ayat 14.

“Sungguh, Aku ini Allah, tiada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakan lah salat untuk mengingat Aku.”

Surah Taha, Ayat 14

Memperbanyak Menyebut Nama Allah

Melakukan ini bisa menyebut nama Allah langsung, bisa juga dengan menyebut Asmaul Husna, sesuai dengan Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 152

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

Surah Al-Baqarah, Ayat 152

Dzikir Paripurna

Amalan pasca sholat adalah amalan yang di bawa dalam aktifitas kesehariannya, bukankah pasca sholat ada yang jalan, kerja, makan, masak, bicara dan aktifitas lainnya, maka jika ada orang yang terus melatih dirinya terus berzikir, maka jalannya, kerjanya, makannya, masaknya dan aktifitas lainnya adalah bernilai dzikir kepada Allah SWT.  Al-Qur’an Surah Ali Imron ayat 190-191.

“Sesungguhnya didalam penciptaan langit dan bumi, dan bergantinya malam dan siang terdapat tanda2 (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,” “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”

Surah Ali Imron, Ayat 190-191

Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *