Apa sih Plywood? dan Untuk Apa aja Kegunaanya?

3 min


Sendal-Uwais.com, Seiring pertumbuhan populasi manusia, khususnya di Indonesia dan dunia pada umumnya, kebutuhan akan furnitur untuk semua orang semakin meningkat, salah satu bahan yang akan kami ulas kali ini adalah material plywood, di mana plywood adalah yang bahan utama yang banyak digunakan untuk pembuatan furnitur, dan sering juga dipakai pada pekerjaan konstruksi.

Pengertian Plywood

Dalam bahasa, makna Plywood adalah kayu lapis, atau biasa disebut tripleks atau multipleks. Plywood berbentuk lembaran yang biasanya memiliki ketebalan kelipatan 3, yaitu 3, 6, 9, 12, 15 dan 18. Untuk Indonesia, ukuran standar kayu lapis adalah 1220 x 2440 mm. Triplek terbuat dari kayu yang disusun secara vertikal dan melintang antara lembaran bawah dengan lembaran atas disusun bersama dan direkatkan dengan lem kayu khusus sehingga dapat ditentukan dengan ketebalan tertentu.

Lapisan kayu lapis disebut veneer yang didapat dengan cara membelah batang/log pohon lalu direkatkan dan disesuaikan ukurannya sehingga membentuk sebuah material Plywood yang kokoh. Masing-masing lapisan ini ditumpuk dengan angka ganjil karena mencegah lengkungan dan menciptakan konstruksi yang kuat. Jika lapisan yang dibuat diatur dengan bilangan genap maka akan menghasilkan papan yang tidak seimbang dan mudah melengkung. Jenis kayu yang di pakai pada Pembuatan plywood biasanya menggunakan kayu Meranti, Sengon (Falcata), Kruing, Bintangor, Poplar, dll.

Saat ini hampir semua jenis plywood menggunakan material yang sama untuk bagian depan dan belakanganya, contoh untuk kayu Meranti bagian depan dan belakang yang di pakai kayu Meranti, jadi bisa disebut Plywood Meranti. Untuk bagian dalamnya atau core, yang paling sering digunakan adalah kayu Sengon dan Albasia

Baca Juga 5 Material utama untuk membuat Kitchen Set

Berikut ini akan kita bahas satu persatu mengenai jenis-jenis plywood, dari material yang di pakai sampai dengan kegunaanya.

Plywood Biasa

Plywood ini biasa digunakan untuk bahan pembuatan furniture, tingkatanya beragam, salah satu produsen mengklasifikasinya menjadi beberapa tingkatan

  1. Grade Lokal
  2. Grade UTY
  3. Grade UTY Better
  4. BB/CC
  5. Overlay Better

Daftar Harga Plywood Update Maret 2020

Berikut beberapa referensi harga plywood update Maret 2020

Jenis dan Ketebalan PlywoodHarga Satuan/lbr
Plywood 3mm Grade BBCC Rp               63,000
Plywood 3mm Grade UTY Better Rp               60,000
Plywood 3mm Grade UTY Rp               58,000
Plywood 6mm Grade BBCC Rp               98,000
Plywood 6mm Grade UTY Better Rp               92,000
Plywood 9mm Grade BBCC Rp             177,500
Plywood 9mm Grade UTY Better Rp             140,000
Plywood 9mm Grade Lokal Rp             105,000
Plywood 12mm Grade BBCC Rp             210,000
Plywood 12mm Grade UTY Better Rp             190,000
Plywood 12mm Grade UTY Rp             155,000
Plywood 15mm Grade Overlay Better Rp             265,000
Plywood 15mm Grade BBCC Rp             256,000
Plywood 15mm Grade UTY Better Rp             237,000
Plywood 18mm Grade Overlay Better Rp             292,500
Plywood 18mm Grade BBCC Rp             280,000
Plywood 18mm Grade UTY Better Rp             265,000

Baca juga: 4 Pilihan Material Pelapis Kayu Untuk Mempercantik Furnitur

Plywood Film Face/Poly Resin

Plywood ini biasa digunakan untuk bekisting kolom, dinding dan lantai pada pekerjaan konstruksi,   karena lapisan luarnya mempunyai sifat waterproof sehingga bisa dipakai berulang-ulang, Film Face Plywood bisa sampai 10 sedangkan Poly Resin hanya sampai 6 kali.

Bahan pembuatan Film Face Plywood menggunakan bahan phenolic lalu di press dengan tekanan tertentu dan panas tertentu, sedang kan Poly Resin dibuat dengan Poly bening lalu kemudian di coating dengan resin diatas nya, lalu dibiarkan membeku sampai menutupi keseluruhan permukaan plywood.

Baca Juga 8 Alur Proses Pembuatan Furniture Plywood

Paper/Melamin Face Plywood

Plywood ini juga sering di pakai untuk bahan baku pembuatan furniture, enaknya plywood ini dalam pembuatannya furniture, user tidak perlu melakkan penambahan lapisan finishing lagi untuk permukaannya, karena dari pabrikan sudah di lapisan dengan lapisan, namun kelemahannya pilihan warna dan motifnya tidak sebanyak HPL dan bahan pelapis lainnya.


Like it? Share with your friends!

2
Arenugh

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *