Bingung Ingin Membeli Sofa? Berikut Beberapa Tips Sebelum Membeli Sofa

2 min


Sofa adalah furnitur yang dibutuhkan sebagai pelengkap ruangan khususnya di ruangan tamu maupun keluarga. Sebelum membeli sofa, Anda sebagai pemilik rumah harus memiliki berbagai pertimbangan tertentu. Karena harga sofa bukanlah murah. Maka, Anda harus lebih bijak dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum membeli sofa idaman!

Fungsi Sofa

Sofa sangat berbeda dengan kursi. Terutama dalam hal ukurannya, sehingga membuat sofa memiliki lebih banyak fungsi dibandingkan dengan kursi. Untuk membeli sofa, Anda harus memikirkan terlebih dahulu, Untuk apa sih tujuan Anda membeli sofa? Karena sebagian orang biasanya membeli sofa untuk berbagai macam tujuan tertentu di antaranya, sebagai tempat duduk bersantai, tempat tidur kedua setelah kasur yang bisa digunakan untuk selonjoran dan rebahan dikala lelah setelah beraktifitas, tempat yang multifungsi dengan desain laci sebagai tempat penyimpanan di bawahnya atau rak terbuka pada bagian lengannya, pembatas ruangan atau bahkan sebagai tempat pijakan untuk menggapai sesuatu yang lebih tinggi.

Luas Ruangan Tempat Sofa Diletakkan

Hal ini juga tidak kalah penting diperhatikan, jangan sampai setelah Anda membeli sofa malah sia-sia atau zonk. Sofa yang Anda beli tidak bisa digunakan karena tidak muat dan tidak sesuai dengan kondisi ruangan Anda, di satu sisi Anda sangat begitu suka dengan model sofanya. Jadi, sebelum Anda membeli pastikan terlebih dahulu ukurannya dan tentukan akan diletakkan di ruangan mana sofa tersebut. Tentukan juga siapa yang akan menggunakan sofa nantinya dan berapa kapasitas orang yang akan duduk di sana, sehingga akan memudahkan Anda dalam memilih bentuk sofa. Selanjutnya, ukurlah luas ruangan tempat akan diletakkan sofa dan kemudian ukur panjang dan lebar sofa.

Jenis Rangka dan Bahan Sofa

Menentukan rangka sofa merupakan perencanaan yang baik sebelum Anda membelinya. Biasanya rangka sofa sangat menentukan harga dan kualitas sofa. Di pasaran, pada umumnya material untuk membuat rangka sofa terbuat dari kayu asli dan besi. Anda bisa membuat pertimbangan kelebihan dan kelemahan keduanya sesuai dengan harapan sofa idaman Anda. Setelah itu, penentuan jenis bahan pelapis sofa yang akan digunakan juga tak kalah pentingnya sebelum memutuskan untuk membeli.

Jadi, rangka dan jenis bahan sofa yang digunakan, sangat berpengaruh terhadap ketahanan dan kenyamanan sofa. Nah, kalau Anda ingin memakai sofa dalam jangka waktu yang cukup lama maka Anda harus pandai memilih jenis bahan dan rangka terbaik.

Warna dan Motif Sofa

Sofa juga dapat digunakan untuk memberi nilai estetika pada ruangan Anda. Maka, motif dan warna sofa yang akan Anda pilih sangat berpengaruh penting pada keindahan dan kenyamanan ruangan. Pilihlah motif dan warna yang serasi dengan tema ruangan Anda. Selain itu, pastikan motif dan warna sofa harus tetap sesuai dengan selera Anda. Jika Anda ingin membeli sofa yang nantinya bisa dipindahkan di ruangan yang berbeda-beda, maka Anda bisa membeli sofa dengan warna netral dan motif polos agar lebih fleksibel dengan ruang yang ada nantinya.

Garansi dan Asuransi Sofa

Kita sama-sama tahu, bahwa sofa bukanlah furnitur yang murah. Harga juga dapat menentukan kualitas sofa. Nah, dengan begitu maka harus dipastikan ketika ingin membeli Anda sebaiknya menanyakan garansi atau asuransi sofa. Hal ini penting, untuk mengantisipasi kerugian jika ada kerusakan atau kecacatan pada sofa saat membelinya. Harga sofa yang beraneka ragam di pasaran membuat Anda harus pandai-pandai membandingkan harga serta menyiapkan anggaran agar tidak kebingungan pada saat membelinya.


Oke sobat, itu tadi beberapa hal yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli sofa. Pastikan Anda membuat list di atas sebelum kebingungan memilih sofa idaman Anda! Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan sofa idaman yang awet dan nyaman yah!


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *