Enam Unsur Penyusun Sukses Dalam Karir

3 min


Semua orang pasti ingin sukses dalam karirnya, baik itu dalam dunia pekerjaan maupun dan dunia bisnis. Sekarang ini banyak sekali ragam usaha. Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut bukanlah hal mudah dan instan. Banyak juga dari mereka yang membutuhkan tips, agar tujuannya tercapai. Harapannya dengan menjalankan tips, mereka bisa mendapatkan hasil yang baik.

Agar kesuksesan bisa terwujud sesuai denngan harapan, maka dibutuhkan tekad yang kuat dan kedisiplinan. Karena berapapun banyaknya tips sukses yang dibagikan kalau tidak dijalankan dengan benar maka tidak akan memberikan efek apapun, yang ada bahkan hanya mengeluh dan terus mengeluh.  

Karir yang berhasil di tandai dengan beberapa unsur penyusunnya antara lain:

Menghadirkan Makna Bagi Hidup

Karir apapun yang sedang kita geluti atau yang akan kita pilih untuk digeluti, baik itu karyawan swasta atau PNS, pengusaha, profesional atau investor. Pastikan karir tersebut memiliki makna bagi hidup Anda.

Sebagai ilustrasi, pekerjaan saya sebagai seorang penulis blog di sendal-uwais.com. Pekerjaan ini dapat menghadirkan beberapa makna dalam hidup saya, antara lain saya memaknai dengan menulis dan berbagi hal yang positif di blog saya, saya akan mendapatkan kiriman “royalti” akhirat dari Allah yang bisa saya gunakan untuk membangun istana di surga. Apakah ini berlebihan? Tidak. Sebab jika puluhan atau ratusan artikel yang saya tulis bisa memberikan manfaat hidup bagi puluhan juta orang, bukankah itu merupakan ilmu yang bermanfaat dan menjadi amal jariah buat saya, di mana pahalanya terus mengalir meskipun yang menulis sudah meninggal dunia.

Makna lainnya adalah, ketika anak saya saat sudah bisa membaca, mereka bisa membaca artikel dari ayahnya dan jika mereka sudah mengerti, pekerjaan ini bisa diteruskan oleh anak-anak saya. Dengan begitu maka jalankanlah pekerjaan yang dapat memberikan makna dalam hidup kemudian rasakan dampaknya bagi diri kita.

Menghadirkan Kebahagiaan Saat Mengerjakannya

Ada sebuah kelaziman di masyarakat kita sekarang ini, banyak orang yang memilih untuk mengerjakan pekerjaan yang bisa menghadirkan kebahagiaan di masa akan datang. Mereka tidak memilih mengerjakan pekerjaan yang bisa mendatangkan kebahagiaan saat mereka sedang mengerjakannya.

Pertanyaannya, mengapa harus menunda untuk hidup bahagia di akhir atau setelah pensiun tiba, padahal belum tentu saat itu datang mereka bisa menikmatinya? Jika saat ini kita sedang menjalankan pekerjaan dengan penuh keceriaan dan luapan kegembiraan, maka itu tandanya kita bahagia dengan karier yang sedang kita jalani sekarang. Namun sebaliknya jika kita menderita dalam menjalankan pekerjaan, maka keluarlah dari pekerjaan tersebut, dan carilah atau pindah pada karir yang bisa mendatangkan kebahagian.

Karir yang membahagiakan lahir manakala karier yang kita jalankan sebagai ungkapan atau perwujudan rasa syukur kepada Allad atas karunia berupa kesehatan, kemampuan, dan kesempatan yang telah Allah berikan kepada Anda.

Memberikan Manfaat Pada Kehidupan Banyak Orang

Unsur lain dari sukses dalam karir adalah bisa memberikan manfaat yang bisa dikontribusikan kepada masyarakat. Inilah alasan mengapa kita ada di sebuah karir yang sudah kita pilih. Tumbuhkan dan kembangkan kemampuan dalam memberikan manfaat di atas standar secara istiqomah. Hal ini akan membuat karir melesat tinggi meninggalkan orang lain yang hanya memberi manfaat standar atau bahkan di bawah standar.

Jika kita mampu bekerja dengan memenuhi kinerja dan produktivitas di atas standar yang telah ditetapkan perusahaan, maka kita akan mampu mengundang datangnya keberuntungan dalam kehidupan pribadi maunpun profesi.

Membuat Kita Terus Bertumbuh

Unsur selanjutnya adalah, jika sebuah karir dapat mendorong kita untuk terus tumbuh secara spirirual, emosional, mental, dan finansial. Pertumbuhan tersebut akan bisa kita alami dengan memosikan karir sebagai wujud aktualisasi diri, dan terus mengembangkan potensi untuk kebaikan dan bisa menguntungkan bagi kehidupan banyak orang, bukan hanya untuk memenuhi tuntutan perut semata.

Pendorong pertumbuhan dalam karir bisa juga bersumber dari upaya kita secara aktif dan kreatif dalam memberikan solusi atas problem yang terjadi di masyarakat maupun konsumen, bukan malah menghindarinya. Sebab ketika kita menghindarinya baik secara langsung atau tidak langsung, maka akan membuat kita jadi kerdil dalam berfikir dan bertumbuh.

Memberi Dampak Positif

Kesuksesan dalam berkarir yang sudah kita alami akan memberikan pengaruh yang dahsyat kepada setiap orang yang berinteraksi dengan kita. Sebab, didalam setiap individu yang mempunyai pribadi yang kuat akan selalu memberikan dampak positif bagi orang di sekitarnya. Demikian pula ketika kita berada di dalam dunia pekerjaan.

Perubahan yang akan di timbulkan ketika kita mempunyai pengaruh yang positif adalah mencakup berubahnya mindset, sikap, dan perilaku dari orang-orang yang ada dalam radius pengaruhnya. Bahkan yang paling ekstrim kita akan bisa memengaruhi komunitas dan masyarakat yang lebih luas.

Mendatangkan Imbalan Finansial

Datangnya Imbalan secara finansial adalah efek yang akan kita dapatkan akibat dari karir yang ber-makna, membahagiakan, menumbuhkan, memberikan manfaat dan dampak yang positif. Dari sini kita bisa lihat hal yang tidak lazim terbukti bekerja. Bukan uang dalam bentuk gaji, bonus atau komisi yang menjadi penyebab kita berkarir, tetapi lima unsur karir yang telah disebutkan di ataslah yang menjadi penyebab kita bekerja, yang pada akhirnya mampu menarik datangnya imbalan finansial yang tinggi.

Jadi, mulailah dengan memfokuskan diri pada kelima unsur tersebut. Dengan begitu kita akan menyaksikan bagaimana kekuatan Allah dan alam akan menarik kita dalam keberkahan dan kesejahteraan dalam hidup.


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *