Ide dan Desain Ruang Keluarga Bergaya Skandinavia

4 min


Desain interior bergaya Skandinavia dikenal sebagai desain yang minimalis, penuh dengan warna netral dan bahan natural, disertai dengan garis-garis sederhana sehingga membuat tampilan terlihat modern dan bersih. Desain minimalis untuk ruang keluarga yang bergaya Skandinavia membuat ruang lebih nyaman, terbuka, sejuk dan memudahkan pemiliknya. Furniture ruang keluarga bergaya Skandinavia lebih menekankan pada fungsi, sehingga membuat desain ini sangat cocok untuk meminimalisasi anggaran.

Warna yang sering digunakan pada desain gaya Skandianvia adalah warna netral seperti hitam, putih, abu-abu, dan krem ​​dengan dikombinasikan dengan warna-warna pastel. Putih masih menjadi warna dominan sehingga menjadikan ruang keluarga tampil lebih cerah dan terang.

Bahan-bahan alami yang dipakai seperti kayu, rotan, kapas, wol, dan bulu, memberikan suasana hangat dan ramah. Negara Skandinavia dikenal dengan musim dinginnya, dengan menambahkan wol atau bulu sebagai tambahan dekorasi ruangan adalah fitur fungsional lain dari ruang tamu bergaya Skandinavia. Tumbuhan dan bunga juga bisa digunakan untuk lebih terlihat dan terhubung dengan alam.

Furniture dengan gaya Skandinavia sangat memperhatikan detail dan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Desain yang khas dari interior desain gaya Skandinavia adalah bentuknya yang minimalis dan dilambangkan dengan motif garis. Meskipun terkesan minimalis, namun tetap mempunyai niai seni yang tinggi.

Baca juga: Tips Mengatur Tata Letak Kamar Anak

Nah berikut beberapa contoh desain gaya Skandinavia yang bisa jadi referensi, mudah-mudahan bisa membantu menciptakan ruang keluarga dengan gaya Skandinavia yang terbaik dan sesuai dengan gaya dan selera.

Menghadirkan Pojok Baca ala Skandinavia

Sumber: flauntandcenter.com

Pojok baca haruslah dapat memunculkan minat siapapun untuk bisa belama-lama berada di sana. Untuk mendapatkannya Anda bisa menggunakan barang-barang fungsional yang menarik sehingga akan membuat semakin nyaman dan betah. Dimulai dengan kursi rotan yang melingkar membuat lebih nyaman, natural dan pas sehingga dapat mengajak Anda untuk duduk berlama-lama, melipat kaki, sambil membaca buku. Tambahkan selimut bulu, bantal, bahan bacaan, dan foto frame. Sebaiknya posisikan di dekat jendela, jangan lupa tambahkan lampu gantung atau lampu standing, sehingga Anda dapat membaca siang atau malam hari. Jika udara mulai dingin, Anda bisa menggunakan keduanya untuk menghangatkan. Satu hal lagi yang tidak kalah penting siapkan kopi atau teh.

Menciptakan Ruang Keluarga yang Hangat

Sumber: harlowejames.com

Untuk menciptakan ruang keluarga yang hangat ala Skandinavia bisa dengan menggabungkan dua unsur utama seperti warna dinding putih dan furnitur sofa L warna abu-abu. Tambahkan karpet warna pastel sehingga dapat terlihat menjadi satu kesatuan yang serasi. Tempatkan coffee table dan beberapa meja lainnya seperti console table, side table di sekitar ruangan. Untuk lebih mempercantik lagi tambahkan aksesoris seperti bantal, tanaman, bunga, toples ranting, dan tumpukan buku.

Menampilkan Sedikit Warna

Sumber: rawluxe.com.au

Desain ini mirip dengan desain sebelumnya akan tetapi dengan furniture yang lebih sedikit, namun tetap menarik untuk dilihat. Perbedaan antara keduanya adalah pada tampilan sofa L. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa berbagai material bisa digunakan pada furnitur ruang keluarga bergaya Skandinavia. Sofa pada desain sebelumnya ditutupi dengan kain pelapis tradisional, sedangkan ruangan ini memiliki pelapis yang lebih halus. Ini menunjukkan bahwa sofa kulit juga dapat digunakan dalam dekorasi Skandinavia. Variasi warna merah muda pastel juga tidak terlihat mencolok dan norak.

Memadukan Desain Modern Minimalis dengan Karya Klasik

Sumber: mydeerartshop.nl

Menggabungkan karya seni klasik bergaya tradisional dengan furniture modern minimalis, menjadi daya tarik tersendiri. Karya seni tradisional ternyata dapat  menambah warna pada ruangan. Dengan ditambahkan beberapa aksesoris lainnya seperti vas bunga lampu, membuat kombinasi kedua gaya ini sangat sempurna.

Personalisasi Ruang Gaya Scandi Anda

Sumber: themerrythought.com

Ide lain yang tak kalah menarik adalah dengan menempatkan sofa lengkap dengan aksesorisnya di bawah rak tempat Anda memajang foto keluarga favorit Anda. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk Anda yang mempunyai ruangan kecil. Tambahkan juga beberapa aksesoris untuk mempercatik tampilannya.

Memanfaatkan space kosong di dinding alih-alih menambahkan meja ke ruangan untuk memajang foto favorit. Hal ini menggambarkan bahwa berbagai elemen dengan budget yang murah dapat dimanfaatkan untuk sentuhan dekorasi rumah profesional namun tetap dalam budget yang minim.

Meminimalkan Furnitur Membuat Lebih Banyak Ruang Terbuka dan Penyimpanan

Sumber: thelovelydrawer.com

Dengan semua perabot yang ada di ruangan ini, rasanya sulit untuk menyebutnya desain minimal. Namun, sebenarnya ruangan ini hanya memiliki dua furnitur utama yakni sofa L dan kabinet TV. Sofa L dapat menampung lebih banyak orang ketika berada di tempat duduk dibandingkan harus menambah beberapa kombinasi furnitur lainnya, dengan hanya satu sofa saja akan menyediakan lebih banyak ruang terbuka di dalam ruangan. Selanjutnya kabinet TV juga dapat dimanfaatkan untuk ruang penyimpanan. Dengan begitu, maka ada lebih banyak ruang untuk menambahkan komponen dekoratif dan tetapa masih meninggalkan area terbuka, bahkan dengan adanya jendela besar.

Gunakan Wallpaper untuk Memudahkan Perawatan Dinding

Sumber: www.etsy.com/listing

Stiker dinding self-stick yang dapat dilepas dan wallpaper adalah ide brillian yang memungkinkan Anda mengubah tampilan dinding ruang keluarga Anda dengan mudah. Ketika Anda memutuskan untuk mengubahnya lagi, wallpaper mudah dihapus. Desain Ink Stain ini adalah desain yang sangat dramatis dan artistik desain ini memberi kesan “seni dinding” makna baru. Hal Ini juga lebih murah daripada mengecat mengecat ulang atau mendekorasi ulang. Desain Ink Stain menarik perhatian, tetapi tidak menyulitkan penyeseuaian pengaturan furnitur di ruangan tersebut. Ditambah dengan rak gantung yang minimalis memuat tampilan lebih menarik.

Menjadikan Furniture sebagai Latar Belakang Ruangan

Sumber: homebnc.com

Jika Anda ingin memilih furnitur dan aksesori untuk ruang keluarga Anda, janganlah mencari barang-barang yang dengan warna yang terlalu kontras. Itu akan membuat terlalu banyak titik fokus, dan membuat Anda pusing atau bingung melihatnya. Semua tergantung pada ukuran ruang keluarga Anda, ukuran perabot, pilihlah tidak lebih dari tiga macam furnitur untuk ruang keluarga Anda. Agar dapat terlihat lebih nyaman dan luas, tambahkan karpet yang warnanya sesuai dengan furnitur yang ada.

Itu tadi beberapa pilihan ide desain ruang keluarga, semoga dapat menginspirasi. Rumah yang nyaman dan indah akan semakin kita betah #DIRUMAHAJA di masa Pandemi seperti sekarang ini.


Like it? Share with your friends!

0
Yaumil

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *