Jonggol I’m in Love, Jalan-Jalan Alternatif Murah di Masa PSBB

2 min


Akhir bulan Mei ini, beberapa hari sebelum masa berakhirnya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), kami sekeluarga memberanikan diri keluar rumah sekedar hanya untuk menikmati jalan yang masih lenggang karena sangat jarang sekali kondisi jabodetabek seperti ini, tanpa ada kemacetan dimana-mana. Walaupun ada tidak separah hari-hari sebelum terjadi wabah corona. Kali ini destinasi yang dituju adalah Jonggol.

Kanapa Jonggol?….

Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Entah kenapa kami sekeluarga senang memilih liburan murah meriah, namun cukup membuat anak-anak kami senang menikmati perjalanan ke sini. Selain kita bisa menikmati landscape pegunungan dan pemandangan hijau, area perumahan di sini juga terbilang teduh, asri dan hijau. Kita juga dapat melihat keindahan alam, seperti siluet gunung dari kejauhan, lalu hewan ternak dari warga sekitar seperti sapi, kerbau, kambing dan domba yang sengaja di lepas bebas beberapa waktu untuk mencari makan.

Di paling ujung perumahan yang masih dalam tahap pembangunan ternyata ada sungai yang masih alami walaupun airnya tidak begitu jernih, selain itu di seberang sungai terdapat susunan Persawahan terasering yang cukup bagus untuk mengobati rindu jalan-jalan dan melihat pemandangan alam bagi kami yang “kurang piknik” ini, dan bagi yang rindu kampung halaman.

Selain itu di sini juga terdapat fresh market yang lengkap dengan area bermain anak-anak kalau di jakarta semacam RPTRA, yah kurang lebih seperti itulah. Di fresh market ini juga ada foodcourtnya loh… tersedia berbagai aneka makanan, jajanan yang harganya juga ramah di kantong, food court ini letaknya berhadapan dengan tempat bermain anak-anak. Jadi bagi kami cukup memudahkan, sambil makan dan minum namun tetap bisa sambil menjaga atau memantau anak-anak kami sedang bermain.

Food court ini juga pas sekali letaknya menghadap depan jalan utama, jadi masih bisa sambil melihat hamparan tanah kosong yang saat ini belum dibangun perumahan, terkadang saat-saat tertentu ada hewan ternak milik warga sekitar yang berkeliaran mencari makan, selain itu dari fresh market ini kami masih bisa melihat siluet gunung dari kejauhan, pokoknya tempat yang pas buat kami untuk hang out bersama anak-anak.

Seminggu sebelum keberangkatan bersama empat anak kami, sengaja kami berdua menyempatkan untuk terlebih dahulu pergi kesana. Sekedar hunting melihat kondisi dan situasi, apakah aman atau tidak ajak anak-anak untuk main di sana, sekalian kita we time ber dua… heheheee

Kegiatan ini kami lakukan karena seringkali Keiffah dan Hafshah mengeluh “Bi… bosen di rumah jalan-jalan lagi yuk!” kata Keiffah. Hal serupa juga di keluhkan oleh kedua adiknya terutama Sheza yang masih berumur 4 (empat) tahun. Dia sangat ingin sekali berenang, tapi mau berenang dimana? Sementara kolam pemandian anak maupun dewasa semua tutup.

Akhirnya pada hari Minggu tanggal 31 Mei 2020, kita sekeluarga berangkat. Perjalanan menuju kesana cukup singkat karena jalanan yang lenggang hanya membutuhkan kurang lebih 45 menit. Setibanya di sana ternyata bukan kami saja yang “kurang piknik”, sudah ada lebih dari sepuluh mobil dan motor yang terparkir di ujung jalan.

Awalnya kami agak takut mengajak turun sampai ke sungai, karena jalan menuju ke sungai cukup terjal untuk bisa dilalui oleh anak-anak. Karena mereka terus memaksa akhirnya dengan susah payah kita berenam mencoba turun dan akhirnya berhasil.

Sungai di Ujung jalan Perumahan

Sesampainya di bawah, kami sudah peringatkan untuk tidak menceburkan diri ke air, namun namanya juga anak-anak, akhirnya satu persatu menceburkan diri ke air.

Setelah selesai bermain di sungai kami ajak lagi ke tempat yang tidaj jauh dari lokasi pertama, terdapat air terjun kecil yang lumayan bagus.

sumber: MilShutter.com/gallery

Liburan kali ini anak-anak cukup terhibur, bahkan merekapun ingin kembali lagi di weekend berikutnya. Syukurlah kami pun ikut senang mendengarnya.

Bagaimana tertarik jelajahi Jonggol?


Like it? Share with your friends!

0

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *