Tips Membuat Disinfektan Sendiri Untuk Pencegahan COVID-19

1 min


Penyebaran virus Corona saat ini sudah melanda dunia, termasuk di Indonesia, Pemerintah pusat maupun daerah melakukan himbauan kepada masyarakat untuk senantiasa melakukan perlindungan diri dan pencegahan agar tidak tertular virus corona.

Cara pencegahannya adalah dengan selalu membudayakan pola hidup sehat dan bersih dan yang lebih luas lagi membersihkan lingkungan tempat tinggal atau tempat bekerja dengan melakukan penyemprotan atau pembersihan dengan disinfektan.

Namun seiring makin bertambahnya populasi masyarakat Indonesia yang tertular oleh virus corona dan dinyatakan positif saat ini per Hari Jum’at tanggal 27 Maret 2020 dan sudah terkonfirmasi infeksi virus COVID-19 adalah sebanyak 1.046 jiwa Positif, 46 jiwa Sembuh dan 87 jiwa Meninggal. (sumber: https://www.covid19.go.id)

Hal ini menyebabkan beberapa orang menjadi “Panic Buying” yakni perilaku membeli barang secara berlebihan dalam satu waktu yang juga berdampak pada ketersediaan cairan disinfektan tersebut makin langka dan mahal harganya di pasaran.

Berikut beberapa tips Alat dan Bahan untuk membuat disinfektan sendiri dengan alat dan bahan yang kita biasa gunakan sehari-hari

ALAT

  • Sprayer Manual yang biasa di pakaik setrika pakaian
  • Lap Flanel atau kain majun
  • APD sederhana (Masker N95, sarung tangan, jas hujan, kacamata google, dll)

BAHAN

  1. Larutan Pemutih, bahan ini memiliki zat aktif Hipoklorit yang bisa kita dapatkan dari Bayclin, So Klin Pemutih, Proklin, dll. Takarannya adalah 30ml (2 sendok makan) per 1 L air)
  2. Larutan Klorin, bahan ini mempunyai zat aktif yang sama dengan larutan pemutih yakni Hipoklorit yang bisa kita dapatkan dari Kaporit Bubuk, padat maupun tablet. Takaran penggunaannya adalah untuk APD konsentrasi minimal 3% dan untuk ruangan konsentrasi minimal 6%.
  3. Karbol/Lysol, bahan ini memiliki zat aktif Fenol yang bisa kita dapatkan dari Wipol, Supersol, Bebek Karbol Wangi, SOS Karbol Wangi, dll. Takarannya adalah 30ml (2 sendok makan) per 1 L air)
  4. Pembersih Lantai, bahan ini memiliki zat aktif Benzalkonium Klorida yang bisa kita dapatkan dari Super Pell, So Klin pembersih lantai, SOS pembersih lantai, Harpic, Dettol Floor Cleaner, dll. Takarannya adalah 1 tutup botol per 5 L air.

Demikian penjelasan singkatnya, mudah-mudahan bisa bermanfaat. Wallaahu a’lam…


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *