Tips, Memilih Tempat Penyimpanan Mainan Anak

1 min


Sebagai orang tua yang mempunyai anak kecil, pasti kita tidak asing lagi ketika melihat mainan anak-anak berserakan di mana-mana, apalagi jika memiliki lebih dari dua anak. Seluruh mainan tersebut bisa hampir 70% memenuhi bagian dari rumah, dari mulai pintu depan atau bahkan sampai dapur.

Salah satu yang bisa jadi solusi adalah dengan membuat tempat penyimpanan tambahan agar mainan si kecil tidak berantakan, mudah dicari, dan anak-anak pun akan termotivasi untuk selalu merapikan mainan sendiri.

Sekarang ini ada beberapa ide unik dan berbagai macam material yang dipakai sebagai tempat penyimpanan di rumah, mulai dari keranjang plastik yang di tempelkan ke dinding, ada juga dari kain yang dibentuk seperti boneka yang berkantung, kayu palet yang disusun zigzag ke atas dan masih banyak lagi hal lain yang bisa dijadikan ide untuk tempat penyimpanan mainan.

Bisa juga jika mempunyai area yang cukup luas bias kita buatkan tempat bermain berikut dengan tempat penyimpanannya. Pastikan kabinet/lemari tidak terlalu tinggi, sehingga mudah dijangkau oleh si kecil. Dan tidak lupa pilih desain yang menarik untuk memotivasi anak memberskan sendiri mainannya.

Banyak pilihan tempat penyimpanan mainan yang dijual di pasaran, namun sebelum memilih alangkah baiknya di perhatikan hal-hal berikut ini.

Bentuk Aman buat Anak

Perhatikan pemilihan lemari atau rak penyimpanan mainan yang akan kita gunakan. Sebisa mungkin hindari betuk sudutan yang runcing, lapisan finishing yang kasar, serta kita perlu mencari tahu apakah memiliki elemen atau aksesoris yang membahayakan.

Bahan Baku dan Pewarnaan

Hal ini sangat penting, karena jika dibiarkan akan membuat buah hati kesayangan kita akan terpapar terus oleh zat-zat kimia yang membahayakan. Cara melihatnya adalah dengan memperhatikan kode produksi yang tertera pada kemasannya. Apabila tidak terdapat keterangan di produknya, maka jangan ragu untuk bertanya kepada penjual atau ke suppliernya langsung.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli tempat penyimpanan, alangkah baiknya terlebih dahulu sortir mainan mana yang sering digunakan dan mana yang jarang dipakai ,atau jangan-jangan, ada mainan yang memang sudah tidak terpakai lagi.

Hal ini bisa menentukan berapa besar ukuran kabinet yang kita perlukan, dan seberapa banyak kompartemen di bagian dalam kabinetnya.

Tahan Lama dan Multifungsi

Seiring pertumbuhan si kecil, tentunya kebutuhan pun makin berubah. Maka pilihlah tempat penyimpanan yang tahan lama dan multifungsi. Hal ini di perlukan, jika nantinya kabinet tersebut sudah tidak terpakai untuk menyimpan mainan, kita bisa gunakan tempat penyimpanan tersebut untuk menyimpan pakaian, selimut atau sprei.

Nah… Sobat itu tadi sedikit berbagi tips, mengenai pemilihan penyimpanan mainan, semoga artikel ini bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *