Tren Furniture Kantor Di Tahun 2020

3 min


Banyak perusahaan berupaya keras menciptakan ruang kerja yang indah dan tampil beda, ini dilakukan untuk menghadirkan suasana baru dan memberikan yang terbaik bagi karyawan. Tren furnitur kantor saat ini menggabungkan keindahan, dan fungsionalitas. Hal ini mendorong para desainer untuk terus membuat inovasi terbaru.

Kantor modern harus terus berkembang untuk mengakomodasi cara-cara baru dalam bekerja, menggabungkan fleksibilitas yang lebih besar dan mencari yang terbaik untuk meningkat daya tarik bagi klien dan staf. Ada beberpa tren desain furnitur kantor yang diharapkan akan populer di tahun mendatang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Toko Furniture Online Terpercaya dan Terbesar

Berikut adalah tren furnitur kantor memunculkan ide untuk mendesain kantor Anda tahun ini.

Unsur Alami

Desain kantor biofilia saat ini pun semakin popular. Tren ini dilakukan dengan menambahkan unsur alami di lingkungan kerja seperti tumbuhan dan bahan-bahan alami, seperti batu dan kayu alami. Karena unsur tersebut dianggap dapat membantu mengurangi stres dengan membantu membuat karyawan merasa lebih terhubung dengan alam.

spacematrix.com

Hal ini perlu ditingkatkan agar karyawan lebih nyaman, tidak cepat jenuh dan lebih berfikir kreatif dalam bekerja. Sesuai hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Experimental Psychology: pada tahun 2014 menemukan bahwa kehadiran tanaman meningkatkan perasaan kesejahteraan sebesar 40%.”

Warna Kayu Gelap

Setelah beberapa tahun belakangan, tren furnitur didominasi dengan warna putih dan sangat populer untuk furnitur di tahun 2019.

Maka saatnya untuk mencoba dengan tren furnitur dengan warna gelap, seperti kayu oak dilapisi dengan cat hitam atau natural. Furnitur kantor dengan warna gelap, bisa jadi akan menimbulkan kesan elegan dan canggih, apalagi jika dikombinasikan unsur alami seperti tanaman hijau dan batu alam.

Area Santai Untuk Pekerja

Tren yang sedang berkembang saat ini, memungkinkan karyawan bekerja lebih fleksibel. Mereka tak harus bekerja dari meja mereka, pekerjaan bisa dilakukan dengan jarak jauh. Ini didukung dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Bahkan pada masa Pandemi Corona seperti sekarang ini, pekerjaan bisa dilakukan dirumah dengan tanpa mengurangi volume pekerjaan yang harus di kerjakan di kantor.

Pemilik perusahaan harus bisa beradaptasi untuk mengakomodasi cara kerja yang baru, dengan memberikan ruang kerja santai, seperti lounge, kafe, dan bahkan ruang terbuka, untuk memberikan keleluasaan karyawan dalam bekerja. Untuk implementasi yang paling sukses, tetapkan area yang sunyi dengan ruang sosial terpisah untuk kerja tim.

Ruang Breakout

Tempat kerja yang modern harus bisa menerima bahwa pekerjaan tidak melulu hanya rutinitas sehari-hari yang membosankan. Sebaliknya, tempat harus menjadi ruang yang menyenangkan yang dapat memotivasi dan mendorong kreatifitas karyawan, sehingga membuat bekerja lebih menyenangkan dan dapat membantu meningkatkan moral.

Untuk tujuan ini, kantor bisa dengan menggabungkan lebih banyak ruang breakout untuk memberikan karyawan kesempatan untuk beristirahat dan kembali ke pekerjaan dengan semangat baru. Area breakout harus menampilkan warna-warna yang merangsang dan desain yang menarik seperti yang telah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Google dan Facebook, dengan menciptakan lounge dan bahkan ruang permainan bagi karyawan mereka, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan kesejahteraan karyawan.

Tempat Kerja Yang Sehat

Tren selanjutnya yang berkembang adalah tempat kerja yang memfokuskan pada kesehatan dan furnitur kantor yang aktif seperti Standing Desk.

Hal ini berperan penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat yang mendorong gaya hidup yang lebih aktif di antara karyawan. Selain itu juga dapat mendorong tingkat aktivitas yang lebih besar, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas serta masalah muskuloskeletal, seperti nyeri punggung dan leher. Praktek seperti ini telah terbukti meningkatkan motivasi, produktivitas, kreativitas, dan kepuasan kerja, yang memiliki efek positif baik bagi karyawan maupun perusahaan.

Ruangan dan Furnitur Multifungsi

Dengan meningkatnya berbagai kebutuhan di kantor, maka akan ada peningkatan permintaan untuk ruangan dan furnitur yang multifungsi sehingga dapat menciptakan ruang kerja yang lebih fleksibel.

biofilico.com/healthyoffices

Perlunya penambahan ruangan yang dapat digunakan untuk rapat tim kecil, presentasi, panggilan konferensi, pekerjaan yang butuh ketenangan untuk dapat lebih memaksimalkan penggunaan ruang berharga di kantor dan mendorong cara kerja yang lebih inovatif.

Tren yang sama akan terlihat dengan furnitur itu sendiri, dengan peningkatan permintaan untuk benda-benda serba guna, seperti puff, sofa dengan meja built-in dan meja konferensi yang juga dapat digunakan sebagai meja bangku. Dari sini dapat kita lihat, tren tempat bekerja saat ini akan fokus pada memberikan karyawan keleluasaan dalam bagaimana dan di mana mereka bekerja, mendorong tingkat aktivitas yang lebih besar dan menyediakan waktu relaksasi di tempat kerja. Desain ini akan ditandai dengan warna kayu gelap yang dilengkapi dengan bahan-bahan alami dan tanaman untuk membantu menciptakan lingkungan kerja yang bebas stres.


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *