Yuk, Isi SFH Dengan Buat Dalgona Coffee Sendiri!

3 min


Sudah hampir sebulan Keiffah dan Hafshah menjalani SFH (School From Home), semenjak mulai meluasnya wabah pandemi corona. Rutinitas merekapun kesehariannya kian lama makin membosankan karena hanya bisa dilakukan di dalam rumah, sesekali keluar rumah itu pun hanya di lingkungan komplek karena kami orang tuanya sangat melarang mereka untuk keluar rumah agak jauh dan lama.

Biasanya saat Abi-nya pulang kerja, atau saat weekend mereka selalu di ajak bersepeda atau naik motor keliling kampung sambil menikmati udara pagi dan berolahraga, atau kadang juga kita ajak ke tempat-tempat yang nyaman untuk mereka bermain.

Akhirnya Ummi-nya sibuk cari ide, kira-kira apa yah… yang membuat mereka semangat dan tidak bosan, sambil browsing dan cek platform media sosial akhirnya ummi menemukan dalgona Coffee yang kini sedang ramai di instagram.

Membuat Coffee Dalgona ini pertama kali tren di Korea, disaat wabah pandemic corona mulai masuk ke Negara tersebut, penduduk di sana juga sama seperti kita di sini, dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mencari hal-hal baru guna mengisi waktu.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk hasil yang maksimal harusnya menggunakan mixer, karena di rumah kami tidak ada mixer, maka kami menggunakan alat sederhana.

Supaya seru kami buat challenge untuk Keiffah memakai saringan teh dengan piring sedangkan Hafshah menggunakan Whisk dan mangkuk.

Pencarian Bahan

Bahan yang digunakan untuk pembuatan dalgona coffee ini sebenarnya sangat simple dan mudah didapat di supermarket atau di warung kelontong, namun karena coffee ini sedang tren, sehingga bahan coffee ini sangat susah di temukan, sesuai dengan saran di media sosial bahan yang digunakan adalah Nescafe kopi tanpa ampas.

Sudah beberapa supermarket, minimarket maupun warung kelontong kita hampiri, namun kopi Nescafe tak kunjung ketemu, akhirnya kita beli dulu bahan lainnya yakni Susu Cair Full Cream yang plain. Sampai akhirnya susu habis tapi belum dapat juga kopinya.

Pencarian berikutnya belum dapat juga Nescafe, akhirnya kami menemukan Indocafe Original Blend, awalnya ragu akhirnya kita beli dengan harga jauh lebih murah dibanding Nescafe. Dan akhirnya terkumpullah semua bahan-bahannya.

Oh iya… sebelum menggunakan Nescafe kita juga pernah coba menggunakan kopi-kopi yang lain tapi ternyata gagal, foamnya tidak mengembang dengan baik.

Persiapan Buat Vlog Keiffah Hafshah

Karena keterbatasan tempat dan peralatan di rumah, akhirnya kita buat meja preparation dengan menumpuk Box Container dua buah, dan ditutup dengan taplak meja seadanya supaya terlihat rapih.

Langkah pertama kita siapkan terlebih dahulu alatnya seperti, saringan teh, piring, whisk, mangkuk, dan gelas untuk penyajian. Kemudian bahannya seperti, kopi, gula, es batu, air panas, dan susu cair full cream.

Oh iya… Tidak lupa juga kita siapkan kamera handphone untuk merekam aktfitas mereka selama challenge buat dalgona coffee.

Challenge Di Mulai…

Langkah selanjutnya mereka mulai dengan mencampur kopi hitam, gula pasir, dan air hangat masing-masing dua sendok makan yang di masukkan ke dalam wadah yang telah disediakan untuk mereka.

Kemudian mereka mulai mengaduk, Keiffah menggunakan saringan teh dan piring sedang Hafshah menggunakan whisk dan mangkuk. Seru juga melihat mereka bersemangat mengaduk kopi.

Beberapa menit kemudian, kurang lebih 5-7 menit akhirnya kopi hitam berubah warna menjadi coklat dan telah menjadi foam, dan ternyata hasilnya lebih cepat dan bagus menggunakan saringan teh.

Langkah selanjutnya masukkan es batu ke dalam gelas secukupnya, lalu tuang susu ke dalam gelas sampai kurang lebih ¾ gelas. Kemudian gunakan sendok untuk meletakkan dalgona foam di atas susu yang telah di beri es batu, isi hingga penuh sampai rata permukaan gelas. Yeahhh…! Dalgona Coffee siap dinikmati.

Kopi ini sangat simple dan cukup terlihat mewah untuk ukuran kopi rumahan, selain itu juga rasanya jangan di tanya lagi. Dalgona coffee benar-benar nikmat sekali, segar dan creamy. Pantas saja, kemunculan kopi ini menjadi banyak perhatian warganet di media social, sampai-sampai cari bahannya pun susah sekali.

Tak hanya itu saja, anak-anak kami pun sangat menikmati dalgona coffee ini, begitu juga dengan adik-adiknya. Kalau kami, gak usah di tanya lagi suka, suka, sukaaaa banget.

Jadi, bagaimana kalian berminat juga, silahkan mencoba selama mengisi waktu #DiRumahAja.

Mau Lihat Keseruan Keiffah dan Hafshah… Silahkan buka link ini!

https://www.youtube.com/watch?v=lJaIwLZW6f4

Setelah nonton jangan lupa Like, Share dan Subcribe yah…


Like it? Share with your friends!

0
Arenugh

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *